Home » » Objek Wisata Di Kota Ponorogo, Jawa Timur

Objek Wisata Di Kota Ponorogo, Jawa Timur

Ponorogo adalah sebuah kabupaten yang terletak di Propinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten ini terletak sekitar 200km arah barat daya dari Kota Surabaya dan berbatasan langsung dengan Propinsi Jawa Tengah. Berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2010, penduduk Kabupaten Ponorogo saat itu adalah 855.281 jiwa.

Kabupaten Ponorogo di Indonesia juga dikenal dengan nama Kota Reog. Hal ini dikarenakan Ponorogo merupakan daerah dimana kesenian Rego berasal. Selain itu, Ponorogo juga memiliki banyak pondok pesantren, sehingga Ponorogo dikenal juga dengan sebutan Kota Santri.
ilustrasi : khabarjoss.wordpress.com
Jika berkunjung ke daerah Ponorogo, ada waktu-waktu yang tepat dimana diadakannya acara-acara budaya seperti Festival Reog Nasional, Kirab Pusaka atau Pawai Lintas Sejarah. Selain itu, ada pula beberapa objek dan lokasi wisata yang dapat dikunjungi di daerah Kabupaten Ponorogo. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Pemandangan Puncak Gunung Bedes Ponorogo
Gunung Bedes merupakan bukit dengan ketinggian sekitar 200 meter dari permukaan laut yang terletak di antara perbatasan Ponorogo dan Trenggalek. Lokasi tepatnya adalah di Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko, Ponorogo. Untuk bisa ke puncak Gunung Bedes ini, anda harus menggunakan sepeda motor yang dapat melalui jalanan dengan tanjakan tajam. Dari puncak Gunung Bedes, anda akan disuguhkan pemandangan panorama alam serba hijau yang menyejukkan mata. Nama Gunung Bedes sendiri diambil karena memang di daerah gunung tersebut banyak bedes atau sebutan Kera.
Air terjun Pletuk - ponorogosekitarnya.blogspot.com
Air Terjun Pletuk
Masih di Kecamatan Sooko, Ponorogo, anda juga dapat menikmati air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter yang berada di pedalaman perbukitan. Daerah yang masih alami ini juga menawarkan suasana alam yang segar. Lokasi air terjun pletuk ini tepatnya berada di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko. Dari pusat kota Ponorogo, maka masih harus menempuh perjalanan sekitar 30 km lagi.

Goa Lowo, Desa Sampung, Ponorogo
Goa Lowo berarti Goa Kelelawar. Memang goa ini awalnya adalah sarang kelelawar. Goa ini terletak di daerah Desa Sampung, Kecamatan Samping, Ponorogo. Di dalam Goa ini, anda dapat melihat bekas galian arkeologi yang pernah meneliti bekas-bekas peninggalan kehidupan manusia purba di zaman Mesolothikum.

Taman Wisata Ngembag, Ponorogo
Sekitar 3 km arah timur dari pusat Kota Ponorogo, terdapat taman rekreasi untuk keluarga yang bernama Taman Wisata Ngembag. Di sini terdapat banyak arena bermain seperti kolam renang, kebun binatang dan juga taman bermain. Di Ponorogo, Taman Wisata Ngembag adalah tempat favorit untuk rekreasi keluarga.

Kesenian Reog Ponorogo
Sebagai daerah asal kesenian Reog, tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Ponorogo namun tidak menyaksikan pertunjukan seni Reog secara langsung. Kesenian Reog sering dipertunjukkan di berbagai acara yang ada di Kota Ponorogo. Misalkan saja acara pernikahan, khitanan, hari besar hingga pertunjukkan yang sudah dikenal sebagai event berkelas nasional yang dilakukan sebagai event tahunan. Sebut saja Festival Reog Mini Nasional, Festival Reog Nasional, atau Pertunjukan Bulan Purnama yang sering diselenggarakan di alun-alun kota Ponorogo.

Gang Sate — Kampung Sate Ayam Ponorogo!
Sate ayam juga merupakan salah satu makanan khas yang ada di Ponorogo. Salah satu lokasi favorit untuk berburu kuliner sate ayam khas Ponorogo adalah Gang Sate. Di Gang ini dapat ditemukan warung sate ayam yang berjejer rapi.