Home » , » Objek Tujuan Wisata Kota Surabaya, Jawa Timur

Objek Tujuan Wisata Kota Surabaya, Jawa Timur

Tempat Wisata - Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dengan perkembangan ekonomi yang cukup pesat. Tak heran jika kota berjuluk Kota Pahlawan ini juga menjadi pusat bisnis, dan tujuan wisata para traveler.

Jika anda berkesempatan untuk berkunjung ke Surabaya, jangan sampai melewatkan objek wisata yang menjadi andalan dan landmark kota Surabaya. Berikut beberapa tujuan wisata yang dapat anda kunjungi di kota Surabaya.

Jembatan Suramadu
Jembatan suramadu adalah jembatan yang menghubungkan kota Surabaya dengan pulau Madura. Jembatan ini diresmikan pada tahun 2009 lalu, dan memiliki panjang lebih dari 5.000m dan lebar kurang lebih 30 meter.

Waktu yang paling tepat jika anda ingin menyebrangi selat madura dan menikmati keindahannya adalah saat menjelang senja, dan matahari akan segera tenggelam. Dan saat kembali lagi ke Surabaya, anda akan menikmati siraman lampu jembatan megah ini.

Monumen Kapal Selam
Monumen ini terletak di pusat kota Surabaya, tak jauh dari stasiun kereta api Gubeng. Sangat mudah untuk mencarinya, karena sebuah kapal selam besar yang terletak di tepi jalan tentu akan mencuri perhatian anda.

Awalnya saya bertanya – tanya, bagaimana membawa kapal selam sebesar itu ke tengah kota. Menurut beberapa sumber, kapal selam yang bernama KRI Pasopati itu dibawa ke lokasi dengan dipotong – potong, baru kemudian disusun ulang.

Anda dapat menikmati bagaimana rasanya berada di sebuah kapal selam, dan menjelajahi tiap bagian ruangannya. Untuk dapat masuk ke monumen ini, anda hanya perlu membayar tiket 5.000 rupiah saja. 


Jembatan Merah
Jembatan merah adalah salah satu titik wisata sejarah yang ada di Kota Surabaya. Disini anda akan melihat jembatan yang merupakan peninggalan kolonial Belanda. Jembatan merah dibangun pertama kali pada tahun 1743, yang merupakan hasil kesepakatan Sultan Pakubuwono II dengan VOC.

Selain dapat menikmati bagaimana keindahan wisata sejarah Jembatan Merah beserta ornamen peninggalan Belanda, pada malam hari anda dapat menikmati wisata kuliner yang tersebar di sekitar Jembatan Merah. Namun untuk anda yang beragama Islam, ada baiknya untuk lebih teliti sebelum masuk ke warung atau kedai yang tersedia.


Museum 10 November
Jika anda ingin mengetahui dan menyaksikan saksi sejarah perang yang begitu besar di Surabaya, maka anda jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke museum ini. Museum 10 November yang terletak di JL Pahlawan ini memang sengaja dibangun untuk mengabadikan momen tersebut.

Di museum ini, anda dapat melihat berbagai barang yang menyimpan sejarah perjuangan rakyat Surabaya. Antara lain adalah radio Bung Tomo, bendera organisasi, dan tentu saja foto – foto peperangan untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia pada 10 Nopember 1945 lalu.

Itulah beberapa tempat yang patut anda kunjungi jika anda berkesempatan untuk berwisata di Kota Surabaya. Selain tempat – tempat diatas, masih banyak lagi objek wisata kota Surabaya. Misalkan saja Masjid Cheng Hoo, House of Sampoerna, THR Kenjeran Park, Pasar Turi, ataupun waterpark terbesar di Indonesia yaitu Ciputra Waterpark.