Home » » Tips Packing Tepat, Hemat Biaya Bagasi Pesawat

Tips Packing Tepat, Hemat Biaya Bagasi Pesawat

Tips Traveling - Ketika anda akan melakukan perjalanan, khususnya jika anda akan berlibur atau backpacking, maka barang bawaan adalah hal yang vital. Lalai sedikit, anda akan mendapat kesulitan karena barang bawaan yang tertinggal dan lupa untuk dibawa. Namun jika anda kurang cermat, maka anda akan membawa barang terlalu banyak, sampai barang yang bahkan tidak anda perlukan.

Keadaan seperti ini akan membuat anda menghadapai berbagai persoalan. Jika ada barang yang tertinggal, misal charger handphone, maka anda terpaksa harus membeli lagi barang atau charger baru di tempat tujuan. Tentu ini akan memakan biaya diluar rencana perjalanan. Bagaimana jika ternyata barang itu berharga mahal?

Meski begitu, membawa barang berlebih juga tidak dianjurkan. Selain menambah berat beban anda, barang bawaan berlebih akan membuat anda terpaksa membawa 'bagasi'. Jika anda menggunakan pesawat dalam melakukan perjalanan, maka barang bawaan anda harus dimasukkan ke dalam bagasi pesawat. Namun tahukah anda jika bagasi pesawat memiliki kapasitas tertentu yang dapat anda gunakan?

Kebanyakan maskapai penerbangan, khususnya untuk yang low cost dan promo, memiliki batas maksimal bagasi untuk tiap penumpang. Rata - rata penumpang diberi kapasitas bagasi 20kg. Lebih dari kapasitas tersebut, maka anda harus menambah biaya bagasi yang dihitung per-kilogram kelebihan beban. Tentu saja ini juga menambah biaya perjalanan anda. Belum lagi jika anda akan membeli buah tangan untuk dibawa pulang, tentu ini juga 'bagasi' bagi anda.

Oleh karena itu, ada beberapa tips untuk anda, agar bagasi yang anda bawa bisa lebih efisien. Sehingga anda tidak perlu membawa barang yang tidak dibutuhkan. Simak beberapa tips berikut yang saya kumpulkan dari beberapa sumber.

Lipat dan Gulung Pakaian Dengan Rapih
Jika selama ini anda melakukan perjalanan dengan melipat dan memasukkan pakaian ke dalam tas, maka ada cara lebih cermat untuk 'memperkecil' pakaian anda. Cara itu adalah dengan menggulung pakaian anda, baru kemudian dimasukkan ke dalam tas. Cara ini akan membuat tas anda dapat memuat lebih banyak pakaian.

Namun cara ini tidak cocok diterapkan untuk anda yang ingin bepergian dalam rangka tugas, dan membawa kemeja kerja. Karena kemeja akan lebih cepat kusut. Kecuali jika anda merencanakan untuk menyetrika kembali pakaian kerja anda di tempat tujuan nanti.

Berlibur, Bawa Pakaian Secukupnya
Jika tujuan anda adalah berlibur, maka tidak perlu membawa banyak pakaian. Anda dapat mensiasati kebutuhan pakaian anda dengan membeli di tempat tujuan. Kota wisata biasanya memiliki tempat berbelanja pakaian oleh - oleh, dan ini dapat anda manfaatkan untuk pakaian berlibur anda sekaligus sebagai buah tangan untuk diri anda sendiri.

Bawa Barang Yang Diperlukan Saja
Lihat kembali tujuan perjalanan anda, dengan demikian anda dapat memutuskan barang apa saja yang harus dibawa dan tidak perlu dibawa. Misal anda pergi berlibur, maka laptop adalah optional dan sepatu kerja adalah barang yang tidak perlu dibawa. Jika anda pergi dalam rangka tugas, maka laptop adalah barang penting, dan pakaian renang adalah optional.

Dengan demikian, maka anda tidak akan membawa barang yang tidak dibutuhkan dalam perjalanan. Misal saja, ada banyak traveler yang memakai sepatu kets, namun juga membawa selop dan sendal dalam tas nya.

Buatlah Daftar Barang Kebutuhan Perjalanan Anda
Ini adalah cara yang selalu saya pakai jika akan bepergian. Saya selalu menulis di kertas barang yang saya harus bawa, dan kemudian saya cek saat memasukkan barang ke dalam tas. Dengan cara ini, anda dapat meminimalisir kemungkinan anda meninggalkan barang yang penting karena kelupaan.

Itulah beberapa tips packing untuk anda yang akan melakukan perjalanan. Semoga bermanfaat.
Jika anda memiliki tips lainnya, silahkan jangan sungkan untuk menuliskan di kolom komentar.