Home » , , » Teluk Kiluan Lampung, Pantai Alami dan Surga Lumba – Lumba

Teluk Kiluan Lampung, Pantai Alami dan Surga Lumba – Lumba

Tempat Wisata - Nama Teluk Kiluan memang belakangan semakin menjadi buah bibir di kalangan para traveler. Teluk yang terletak di Propinsi Lampung ini menjadi terkenal dengan pantai yang masih perawan, serta menjadi surga bagi lumba – lumba.

Secara geografis, Teluk Kiluan disebutkan tidak terlalu jauh dari Kota Bandar Lampung. Hanya saja dikarenakan kondisi jalan yang kurang baik, jadi untuk mencapai tempat ini membutuhkan waktu sekitar 3 – 4 jam perjalanan darat dari Bandar Lampung. Lama perjalanan ini sangat tergantung dengan kendaraan yang anda gunakan, serta kemampuan pengendara mengenal medan jalan.

Meski sudah menjadi target wisata para pelancong, Teluk Kiluan jauh berbeda dengan tempat wisata kebanyakan. Teluk kiluan masih sangat alami, dan untuk Pulau Kiluan belum tersentuh oleh listrik. Bahkan untuk penginapan, hanya tersedia 1 rumah homestay minim fasilitas di Pulau Kiluan itu sendiri. Sedangkan jika anda ingin fasilitas yang mungkin lebih baik, anda bisa memilih untuk menginap di Teluk Kiluan saja (daratan).

Selain kondisi pantai dan laut yang masih sangat alami, daya tarik utama dari Teluk Kiluan adalah fakta bahwa daerah ini menjadi surga bagi lumba – lumba. Disini, anda dapat menikmati atraksi lumba – lumba di laut lepas. Dan untuk dapat berburu momen ini, anda diharuskan menyewa perahu motor dan berangkat pada pagi hari ke lokasi dimana banyak lumba – lumba.


Transportasi Umum Menuju Teluk Kiluan

Jika anda ingin menuju Teluk Kiluan menggunakan kendaraan umum, maka anda dapet mencoba alternatif berikut ini :
  • Menuju Pelabuhan Merak. Jika anda berangkat dari Jakarta, anda dapat naik bis menuju pelabuhan merak melalui kalideres atau kampung rambutan.
  • Ferry penyebarangan Merak – Bakahueni. Harga tiket untuk naik kapal ferry sekitar Rp.15.000,-. Namun di dalam kapal anda dapat masuk ke kelas bisnis AC dengan menambah uang tiket sekitar Rp.10.000,-. Lama perjalanan sangat tergantung cuaca dan ombak, namun kira – kira sekitar 2 – 4 jam perjalanan.
  • Dari Bakauheni, anda cukup menaiki bis jurusan Bakauheni – Rajabasa. Harga tiket sekitar Rp.15.000 (ekonomi). Dan nantinya anda dapat minta diturunkan di perempatan kalibalok.
  • Dari Kalibalok, anda dapat menggunakan Travel jurusan Bandar Lampung (kali balok) – Kiluan (AC) Rp.45.000,-, sekitar 3-4 jam. Jangan lupa untuk memastikan bahwa anda ingin ke Teluk Kiluan.
  • Dan untuk menuju ke Pulau Kiluan, anda harus menggunakan jasa Penyebrangan dengan kapal junkung kecil dari Teluk Kiluan menuju Pulau Kiluan, Rp.15.000,- /org sekitar 15 menit.

Perlu diingat bahwa di Pulau Kiluan hanya terdapat 1 rumah yang menjadi homestay. Jadi ada baiknya jika anda mencari CP pemilik rumah tersebut untuk memastikan ketersediaan kamar. Jika anda kesulitan, ada baiknya pula anda mencari komunitas traveling di Bandar Lampung. Misalnya komunitas backpacker kaskuser lampung. Kemungkinan mereka akan dengan senang hati membantu.


Beberapa tips jika anda berminat untuk menuju salah satu tempat wisata di Lampung ini adalah jangan lupa untuk membawa makanan, misalkan roti atau pop mie. Dan pastikan baterai kamera maupun gadget anda dalam kondisi penuh, dan sediakan pula backup atau powerbank. Jika anda membawa kamera SLR untuk memfoto lumba - lumba, sangat disarankan untuk membawa lensa berjenis tele.

Jika anda memutuskan untuk menginap di Pulau, maka jangan lupa untuk membawa senter. Dan jika anda takut dengan air, maka sangat disarankan membawa lifevest. Ini dikarenakan jukung yang digunakan bertipe kecil dan tipis. Namun lifevest hanya untuk berjaga – jaga saja.

sumber foto : telukkiluan.org