Home » , » Objek Wisata Yang Menjadi Tujuan di Palembang, Sumatera Selatan

Objek Wisata Yang Menjadi Tujuan di Palembang, Sumatera Selatan

Tujuan Wisata - Palembang merupakan ibu kota Sumatera Selatan. Untuk mereka yang menyukai wisata kuliner, tentu tak asing lagi dengan nama Pempek Palembang, atau Kapal Selam. Namun hal yang menjadi tujuan wisata di kota Palembang tidak sebatas pada kulinernya saja. Ada beberapa objek wisata yang sangat terkenal dari kota Palembang, dan sayang untuk dapat anda lewatkan jika anda berkunjung ke Sumatera Selatan.


Sungai Musi dan Jembatan Ampera
Tempat ini seperti sudah menjadi landmark dan ikon bagi kota Palembang. Jembatan dengan panjang kurang lebih 1.117 meter dan lebar 22 meter ini membelah sungai Musi yang melintas di tengah kota Palembang dan menjadi salah satu jembatan besar yang ada di Asia Tenggara. Belum sah rasanya jika anda ke Palembang namun tidak menyempatkan diri kesini.

Waktu paling tepat menurut saya untuk berkunjung ke Jembatan Ampera adalah malam hari. Saat malam hari, dari tepian Sungai Musi, anda akan disuguhkan Jembatan Ampera yang bermandikan cahaya lampu sehingga tampak sangat megah. Sangat indah jika anda ingin mengabadikannya dalam foto. Namun jika anda ingin melintasi Jembatan Ampera menyebrangi Sungai Musi, atau berfoto diatas jembatan, maka pilihlah waktu siang hari saja.

Sumber : Panoramio - Soga Soegiarta
Pagoda Pulau Kemaro / Pulau Kembang
Pulau Kemaro atau Pulau Kembang terletak di daerah delta Sungai Musi. Untuk dapat mencapai kesini, anda harus menyewa perahu dari daerah Benteng Kuto Besak, atau dari sekitar tepian Sungai Musi.

Di Pulau Kemaro, anda dapat merasakan nuansa Tionghoa yang sangat kental. Disini terdapat Patung Buddha di tepian sungai, dan juga Kelenteng Hok Tjing Rio. Dan yang paling menarik minat wisatawan adalah sebuah Pagoda yang berdiri menjulang setinggi 9 lantai.

Selain Pagoda, ada beberapa hal yang juga menarik di Pulau Kembang ini. Antara lain pohon cinta, yang memiliki cerita dan mitos rakyat tersendiri. Serta makam Siti Fatimah, Putri Raja Palembang yang memiliki cerita cinta yang tragis.


Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak adalah benteng yang didirikan sekitar abad ke-17, pada masa Kesultanan Palembang Darussalam. Benteng ini didirikan dan dimanfaatkan sebagai pertahanan untuk menghadapi penjajah Belanda. Saat dibangung, Benteng ini diselesaikan dalam jangka waktu kurang lebih 17 tahun, oleh masyarakat Palembang dan China di masa itu. Dan Benteng Kuto Besak merupakan salah satu Benteng di Indonesia yang tidak menggunakan nama orang asing.

sumber : wismoyomp.blogspot.com
Masjid Agung Palembang
Masjid Agung Palembang merupakan salah satu tempat yang wajib anda kunjungi jika berkunjung ke Palembang. Masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Palembang ini sangat unik, karena gaya arsitektur yang memilki unsur dari berbagai daerah. Ini terlihat dari pintu Masjid yang begitu besar ala eropa, dan atap masjid tidak seperti kebanyakan masjid lainnya. Atap Masjid Agung Palembang ini tampak seperti kelenteng China.

Selain tujuan wisata diatas, masih ada banyak lagi tempat wisata di Palembang yang dapat anda kunjungi. Misalkan saja Kampung Kapitan yang menjadi Chinatown nya Sumatera Selatan, atau juga Museum Sultan Mahmud Badaruddin II yang menyimpan sejarah kejayaan Kerajaan Sriwijaya.