Home » , , » 7 Tempat Makan di Surabaya Wajib Untuk Wisata kuliner

7 Tempat Makan di Surabaya Wajib Untuk Wisata kuliner

Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua yang ada di Indonesia. Kota yang disebut sebagai Kota Pahlaman ini juga sudah menjadi tempat tujuan yang ramai dikunjungi, baik untuk keperluan wisata ataupun untuk keperluan bisnis. Setelah beberapa waktu lalu kami menuliskan tujuan tempat wisata Surabaya, kini kami akan membuat beberapa referensi tempat makan di Surabaya yang dapat anda kunjungi untuk berwisata kuliner.
Kepiting Cak Gundul
Jika anda berkunjung ke Kota Surabaya, maka jangan lewatkan untuk mencoba mencicipi masakan seafood di restoran Cak Gundul. Sesuai namanya, restoran yang berlokasi Jalan Kupang Indah ini memang menjadikan masakan kepiting sebagai andalannya. Menu populer bagi pengujung adalah kepiting asam manis dan juga bumbu kare. Tapi selain kepiting, anda masih bisa mencoba masakan seafood lain seperti cumi-cumi, ikan laut atau udang.

Sate Kelapa Ondomohen
Jangan melihat namanya lalu anda berfikir kalau ini adalah sate dari kelapa. Sate Kelapa Ondomohen ini tetap menyediakan pilihan daging sapi, ayam atau jeroan untuk anda pesan. Namun saat akan dibakar, memang sate ini terlebih dahulu dibalur dengan bumbu kelapa. Dan kemudian dihidangkan bersama bumbu kacang dan nasi atau lontong yang sudah ditaburi dengan serundeng. Sate kelapa favorit disini adalah Sate Kelapa Ondomohen Ny Asih, terletak di Jalan Walikota Mustajab 36.

Soto Lamongan Cak Har
Untuk penikmat makanan berkuah, coba kunjungi restoran Soto Lamongan Cak Har yang terletak di Jalan IR Sukarno ini. Tempat ini merupakan salah satu favorit bagi masyarakat Kota Surabaya sendiri. Di sini anda dapat menikmati soto panas dengan kuah yang kental dan gurih. Selain itu, anda dapat memesan daging isi soto yang anda inginkan. Mulai dari daging paha, kulit, dada, jeroan atau telur muda. Jika anda suka mencecap tulang ayam soto yang gurih, maka jangan lupa meminta balungan secara gratis disini!

Warung Bu Rudy
Mendengar Bu Rudy, mungkin memang lebih populer sebagai oleh-oleh Sambel Udang Bu Rudy. Namun di tempatnya sendiri, Bu Rudy menyediakan tempat makan yang cukup menarik untuk dikunjungi. Disini pengunjung bisa memesan menu-menu masakan nusantara dengan sambal yang disajikan khas Bu Rudy. Contohnya adalah nasi pecel, nasi empal, empal udang atau juga nasi campur. Warung Bu Rudy sendiri terletak di JL Dharmahusada.
kuliner surabaya Rujak Cingur Ahmad Jaiz
Rujak Cingur Ahmad Jaiz
Sebelum pulang, jangan lupa untuk mencicipi masakan rujak cingur khas Surabaya. Dinamakan rujak cingur karena memang dibuat dengan campuran cingur, atau daging hidung sapi. Sebagai rekomendasi, cobalah kunjungi warung rujak cingur yang terletak di JL Ahmad Jaiz 40. Warung ini pertama kali dibuka sejak tahun 1970an, dan hingga saat ini masih setia dikunjugi banyak pelanggan karena cita rasa yang terjaga. Cingurnya diolah secara khusus sehingga tidak amis dan memiliki tekstur yang kenyal dan nikmat.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut
Selain rujak cingur, maka cicipi juga lontong balap garuda Pak Gendut yang terletak di JL Prof Dr Moestopo. Tempat makan ini dibuka sejak 1956 dan hingga saat ini masih ramai pengunjung. Lontong balap sendiri disajikan dengan perpaduan lontong, lento, tauge dan kuah bumbu petis yang bercita rasa nikmat.

Kedai Es Krim Zangrandi
Jika anda merasa gerah dengan panasnya udara Kota Surabaya, maka cobalah kunjungi kedai es krim Zangrandi. Kedai es krim yang ternama di Surabaya ini sudah dibuka sejak tahun 1933. Di sini anda dapat memesan berbagai menu es krim mulai dari es krim biasa yang dipesan per-scoop, atau juga varian noodle ice cream, banana float atau menu lainnya. Kedai es krim Zangrandi ini memiliki 2 tempat, JL Yos Sudarso dan JL Dharmahusada. Namun jika anda menyukai suasana dan arsitektur kuno, maka saran kami adalah kunjungi kedai utama yang terletak di Yos Sudarso.