Home » » 5 (Lima) Lokasi Menyelam Terpopuler di Indonesia

5 (Lima) Lokasi Menyelam Terpopuler di Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya merupakan lautan. Jadi sudah sewajarnya dengan luas daerah perairan yang dimiliki oleh Indonesia membuat negara ini juga memiliki kekayaan dan keindahan alam bawah laut, serta ribuan spesies bawah laut. Hal ini juga yang kemudian membuat wisata bahari Indonesia mampu menjadi objek wisata yang mengundang wisatawan asing dan domestik yang mempunyai hobi menyelam (diving). Berikut ini adalah lokasi-lokasi terindah di Indonesia, yang menjadi favorit para diver untuk berkunjung. Urutan penulisan tidak menunjukkan tingkat kepopuleran serta keindahan yang ditawarkan.
taman wisata bawah laut bunaken
gambar : siladen.com
Bunaken, Sulawesi Utara
Bunaken merupakan kawasan taman laut nasional yang terletak di daerah Manado, Sulawesi Utara. Taman laut Bunaken disebut sebagai taman dengan keanekaragaman hayati tertinggi di seluruh dunia. Secara keseluruhan, Bunaken memiliki 20 titik penyelaman. Namun dari titik penyeleman tersebut, hanya 12 titik yang cukup populer untuk dikunjungi oleh diver dari seluruh daerah. Kedalaman yang ada pada titik penyelaman juga bervariasi dengan titik terdalam adalah 1.344 meter. Di titik penyelaman yang paling sering dikunjungi tersebut, terdapat dinding karang raksasa (underwater great wall) yang juga menjadi sumber makanan bagi ikan yang hidup di perairan bunaken. Bunaken juga cukup terkenal dengan even Sail Bunaken yang pernah sukses mencatatkan rekor penyelaman terbanyak dengan jumlah 2861 penyelam dari seluruh penjuru dunia.
harga travel wisata karimunjawa
gambar : coolephotography.co.uk
Karimun Jawa, Jawa Tengah
Karimun Jawa adalah sebuah daerah kepulauan yang terletak di wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Kengah. Kepulauan yang terdiri dari total 27 pulau ini merupakan salah satu daerah wisata bahari terindah yang ada di Pulau Jawa. Di daerah Karimun Jawa ini terdapat setidaknya 30 titik penyelaman dengan kedalaman bervariasi, antara 5 meter hingga 40 meter. Sebagai daerah tujuan wisata bahari, Karimun Jawa juga memiliki berbagai fasilitas akomodasi untuk wisatawan. Akomodasi tersebut mulai dari kelas backpacker seperti homestay, atau resort mewah.
tips wisata ke wakatobi
gambar : oceanfirstdivers.com
Wakatobi, Sulawesi Tenggara
Wakatobi merupakan salah satu titik penyelaman yang wajib untuk dikunjungi diver yang berkunjugn ke daerah Sulawesi Tenggara. Selain terkenal karena titik penyelaman yang memiliki keindahan alam, Wakatobi juga merupakan kawasan taman nasional dilindungi. Daerah penyelaman Waktobi dikabarkan memiliki sedikitnya 750 spesies koral dan biota laut. Ini merupakan sebuah jumlah yang besar karena total spesies biota laut yang ada di dunia adalah 850 spesies. Nama Wakatobi sendiri merupakan gabungan dari empat pulau besar yang ada di daerah Sulawesi Tenggara, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tornia dan Binongko.
gambar : backholiday.com
Pulau Derawan, Kalimantan Timur
Pulau Derawan adalah daerah kepulauan yang terletak di wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di Indonesia sendiri, nama kepulauan Derawan memang kurang terkenal karena memang Derawan lebih dikenal oleh wisatawan asing, khususnya para diver. Titik penyelaman yang ada di Derawan adalah taman bawah laut yang cukup sering dikunjungi wisatawan asing, khususnya penyelam kelas dunia. Di daerah Derawan juga banyak ditemukan spesies dilindungi seperti penyu hijau, paus, penyu sisik, lumba-luma, ikan barakuda serta spesies lainnya.
gambar : getlostindonesia.wordpress.com
Raja Ampat, Papua
Jika mendengar nama Raja Ampat, rasanya hampir semua orang langsung tau dimana titik penyelaman yang satu ini. Raja Ampat adalah daerah kepulauan yang terletak di Propinsi Papua Barat. Daerah Raja Ampat terdiri dari 1.500 pulau yang tersebar luas di daerah barat laut Papua. Di daerah dengan luas wilayah 4,6 juta hektar ini terdapat 1.500 spesies ikan, 500 jenis karang serta 700 jenis moluska. Menurut The Nature Conservancy and Conservation International, setidakny 75% dari spesies laut hidup di daerah Raja Ampat ini.