Home » , » 7 Tempat Tujuan Wisata Yogyakarta Yang Harus Dikunjungi

7 Tempat Tujuan Wisata Yogyakarta Yang Harus Dikunjungi

Tempat Wisata - Yogyakarta merupakan salah satu kota yang selalu ramai dijadikan tempat tujuan wisata, baik oleh wisatawan domestik atau wisatawan mancanegara. Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di kota pelajar ini. Mulai dari wisata budaya, wisata belanja dan tentu saja wisata alam. Berikut ini rekomendasi 7 tempat tujuan wisata yang harus anda kunjungi saat berkunjung ke Yogyakarta.

Wisata Malioboro Yogyakarta

Jalan Malioboro
Lokasi wisata yang satu ini mungkin bisa dibilang sebagai ikon dan syarat sah anda sudah berkunjung ke Yogyakarta. Buktinya, hampir setiap hari ada saja yang berfoto di bawah plat nama Jalan Malioboro ini. Tak jarang, wisatawan sampai harus antri bergantian untuk berfoto.

Jalan Malioboro sendiri menyajikan wisata belanja dan kuliner. Sepanjang jalan ini, anda akan menemui pedagang-pedagang kerajinan, pakaian, batik, dan macam-macam aksesoris unik. Pada malam hari, Jalan Malioboro ini akan ramai dengan pedagang makanan lesehan. Anda dapat memilih makanan yang ingin anda cicipi sembari bersantai di jalan yang sangat terkenal ini. Sedikit tips, saat memesan makanan, pastikan dulu anda sudah tahu dan sepakat mengenai harganya.

Museum Benteng Vredeburg
Di ujung Jalan Malioboro, anda akan menemui Museum Benteng Vredeburg. Benteng ini pada zaman dahulu adalah tempat pusat strategis dan pertahanan yang digunakan Belanda pada masa penjajahan dahulu. Di dalam benteng ini, kita dapat melihat arsitektur benteng khas belanda dengan pernak-pernik sisa peninggalan jaman penjajahan serta sejarah perjuangan rakyat Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta merupakan area bangunan Kesultanan Yogyakarta yang masih ditinggali oleh Sultan Yogyakarta dan keluarganya. Di sini, anda dapat melihat arsitektor kesultanan yang sudah ada dari dahulu dan koleksi barang-barang mengagumkan milik kesultanan. Jika berkunjung ke Keraton Yogakarta, datang agak pagi dan kenakan pakaian yang sopan. Jangan lupa untuk berlaku santun dan tidak mengganggu aktifitas atau terlalu menarik perhatian.


Istana Air Taman Sari
Di Istana Air Taman Sari, anda dapat melihat keindahan benteng yang awalnya dibangun sebagai area pertahanan ini. Di dalam area ini, kita dapat melihat desain yang indah dengan beberapa kolam dan kebun bunga. Untuk dapat masuk ke area rekreasi ini, anda hanya perlu membayar tiket masuk 5 ribu rupiah saja.

Candi Prambanan
Jika anda berkunjung ke Yogyakarta, maka jangan sampai terlewat untuk mengunjungi Candi Prambanan. Candi ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Di sekeliling bangunan candi, terdapat pula relief yang diukir menggambarkan cerita Ramayana dan Krishayana.

Candi Borobudur
Candi ini merupakan Candi Budha terbesar yang ada d dunia. Memang letak Candi Borobudur tidaklah di Kota Jogjakarta, namun harus keluar kota atau tepatnya menuju Kota Magelang. Namun nama Candi yang sudah mendunia ini menjadikannya sebagai salah satu tujuan yang harus anda kunjungi jika sedang berada di Jogjakarta.

Pantai Parangtritis
Menuju arah selatan kota Yogyakarta, terdapat pantai yang sangat terkenal di Yogyakarta, yaitu Pantai Parangtritis. Pantai ini adalah garis pantai yang langsung berhadapan dengan Samudra Hindia sehingga memiliki ombak dengan arus yang deras. Pantai Parangtritis selalu ramai pengunjung, karena tidak hanya wisawatan, penduduk lokal juga menjadikan pantai ini sebagai tempat wisata di Yogyakarta yang cukup diidolakan.