Home » , , » Cukang Taneuh, Green Canyon dari Ciamis Jawa Barat

Cukang Taneuh, Green Canyon dari Ciamis Jawa Barat

Tempat Wisata - Cukang Taneuh, atau dalam bahasa Indonesia diartikan menjadi Jembatan Tanah, merupakan salah satu objek wisata yang berlokasi di Jawa Barat. Tepatnya, lokasi Cukang Taneuh berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Jarak perjalanannya sekitar 8 jam dari Jakarta, atau sekitar 45 menit dari pantai Pangandaran.

Nama Cukang Taneuh sebenarnya kurang familiar di telinga para traveler, karena nama itu merupakan nama dari warga setempat. Namun sekitar tahun 1993, ada turis dari Perancis yang mulai mempopulerkan nama Green Canyon. Dan sekarang, nama Green Canyon sudah menjadi pembicaraan banyak traveler, dan tidak sedikit orang yang mengarahkan tujuan wisata mereka kesini.

Sekilas nama Green Canyon mengingatkan kita akan lokasi wisata yang terdapat di Amerika, Grand Canyon. Namun pemberian nama Green Canyon bukanlah asal jiplak tanpa alasan. Cukang Taneuh disebut Green Canyon dikarenakan di lokasi ini anda akan menemukan sungai Cijulang yang mengalir menembus gua dengan stalaktit dan stalaknit yang sangat mempesona. Sungai ini juga diapit oleh bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan.


Untuk dapat menikmati keindahan wisata Green Canyon, anda harus menaiki perahu yang akan mengarungi aliran sungai Cijulang sepanjang 3 kilometer ini dengan waktu kurang lebih 20 menit. Sepanjang perjalanan inilah anda dapat menikmati keindahan alam di Green Canyon. Setiba di mulut gua, anda akan semakin terpana dengan pesona Cukang Taneuh ini. Tebing pada kedua sisi sungai menyatu membentuk jembatan besar yang menghubungkan Desa Batu Karas dan Desa Kertajaya.

Beragam kegiatan untuk menikmati alam Green Canyon dapat anda lakukan, seperti panjat tebing, berenang, memancing ataupun melakukan trekking menikmati keindahan alam. Anda juga dapat menemukan Kolam Puteri, kolam yang terbentuk secara alami dari tetesan air tebing. Selain itu anda juga akan menemukan air terjun Palatar di mulut Gua. Dan jika anda adalah orang yang suka memacu adrenalin, anda dapat menanyakan lokasi Batu Payung kepada pemandu anda. Di Batu Payung, anda dapat melompat dari ketinggian tebing ke dalam sungai!

Rute Perjalanan Transportasi ke Green Canyon, Jawa Barat

Jika anda berangkat dari Jakarta, cara yang paling mudah adalah dengan menumpang bis yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan menuju Pangandaran. Dari Terminal Pangandaran, maka anda dapat menaiki bis kecil yang menuju Cijulang. Jika sudah sampai Cijulang, maka pilihan berikutnya adalah anda dapat menumpang angkot, atau menyewa jasa ojek untuk mengantarkan anda ke dermaga Ciseureuh.

Jika sudah sampai di Dermaga Ciseureuh, maka anda tinggal menyewa perahu untuk dapat menikmati keindahan wisata Green Canyon ini. Harga sewa perahu biasanya adalah sekitar 100ribu rupiah, dan muat hingga 5 orang. Perahu yang tersedia merupakan milik warga setempat yang memang disediakan untuk disewa wisatawan.