Home » , , » Tanah Lot, Ikon Pariwisata Pulau Dewata

Tanah Lot, Ikon Pariwisata Pulau Dewata

Tempat Wisata - Jika anda berkunjung ke Bali, jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Tanah Lot memang merupakan salah satu tujuan wisata yang sepertinya sudah menjadi ikon di Pulau Dewata tersebut.

Tanah Lot terletak di daerah Desa Beraban, Kabupaten Tabanan, Bali. Untuk dapat mencapai kesini, anda memerlukan perjalanan kurang dari 1 jam daro Denpasar. Anda dapat menggunakan motor atau mobil untuk dapat menuju kesini.

Objek wisata di Tanah Lot yang paling menarik minat wisatawan adalah Pura Luhur Tanah Lot yang berada di agak jauh dari bibir pantai. Pura ini hanya bisa dicapai ketika air laut sedang surut. Pura Luhur ini dibangun oleh Dang Hyang Nirartha, Pendeta Hindu Siwa dari tanah Jawa sekitar abad VXI.

Selain Pura Luhur Tanah Lot, disini anda juga dapat menyaksikan keindahan Karang Bolong. Meski bukan objek utama, namun karang bolong di Tanah Lot banyak menarik wisatawan. Disini anda dapat berfoto, maupun menikmati keindahan sunset Tanah Lot.


Selain kedua objek diatas, di bawah Pura Luhur Tanah Lot terdapat mata air suci. Mata air ini merupakan air tawar yang berada di tengah lautan, dan dialirkan ke dalam Gua. Sangat unik dan menarik. Masyarakat Bali percaya bahwa membasuh diri atau meminum air suci ini adalah untuk pembersihan diri. Anda bahkan diperkenankan untuk berdoa meminta sesuatu kepada Yang Kuasa saat minum air suci ini. Tentu saja dengan kepercayaan dan keyakinan masing - masing.

Di sekitar pura juga terdapat sebuah Gua tempat beradanya Ular Laut yang dipercaya menjadi penjaga wilayah tersebut. Ular Suci Tanah Lot ini memiliki warna belang hitam putih dan ekor pipih. Banyak sumber mengatakan jika ini adalah jenis ular laut yang memiliki bisa sangat beracun. Namun Ular Suci ini sangat jinak, anda diperkenankan untuk memegang dan mengelus ular tersebut. Namun jangan lupa untuk menaruh sedikit uang sebagai donasi di kotak yang tersedia.


Ada beberapa mitos yang dipercaya mengenai Ular Suci tersebut. Salah satu yang paling menarik adalah mitos yang mengatakan jika anda melihat Ular Suci bersama kekasih anda, maka akan mengakibatkan bubarnya hubungan percintaan anda dnegan sang kekasih. Namun jika anda masih sendiri, maka anda dapat mengelus ular tersebut sambil berdoa meminta pasangan hidup.

Bali memang sangat erat dengan budaya dan sejarahnya. Terlepas benar atau salahnya, itu adalah daya tarik yang tidak dapat dipungkiri. Dan adalah suatu hal yang sangat disayangkan, jika anda berlibur ke Bali namun melupakan Tanah Lot untuk anda kunjungi.