Home » , , » Daerah Wisata Lombok Yang Harus Anda Kunjungi

Daerah Wisata Lombok Yang Harus Anda Kunjungi

Meski belum sebesar Bali, namun Lombok adalah daerah yang patut dijadikan tujuan wisata dalam negeri. Terlebih bagi anda yang sangat menikmati wisata keindahan alam, maka daerah di Nusa Tenggara ini wajib untuk dimasukkan dalam daftar tujuan wisata anda. Berikut adalah beberapa daerah wisata Lombok yang dapat anda kunjungi.

Gili Trawangan Lombok
Gili merupakan bahasa daerah setempat yang berarti Pulau. Memang, pulau kecil yang mengelilingi daerah ini sudah menjadi daya tarik yang sangat memikat. Bahkan Gili yang terletak di sekitar Lombok ini namanya sudah sangat dikenal di dunia pariwisata, hingga ke mancanegara.

wisata lombok gili trawangan

Salah satu Gili yang paling banyak diketahui orang adalah Gili Trawangan. Gili ini terletak berdekatan dengan Gili Meno dan Gili Air. Untuk dapat menuju Gili Trawangan, anda dapat menumpang perahu dari Pelabuhan Bangsal, atau dari Senggigi.

Sebagai tujuan wisata yang tak pernah sepi dari para wisatawan domestik maupun mancanegara, Gili Trawangan Lombok sudah memiliki berbagai sarana penunjang yang cukup baik. Ada hotel, restoran, tempat hiburan dan lainnya. Hanya saja anda tidak akan menemui kendaraan bermotor disini. Memang daerah Gili ini menjadi daerah bebas polusi. Untuk berjalan - jalan, anda dapat menyewa sepeda, atau Cidomo (kendaraan lokal sejenis dokar).

Di Gili Trawangan, ada banyak hal yang dapat anda lakukan. Selain menikmati keindahan laut dan pantai yang masih sangat jernih, anda juga bisa melakukan snorkling dan diving. Biasanya, pihak hotel dapat memfasilitasi kegiatan ini. Jika tidak, banyak penyewaan alat snorkling yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Pantai Kuta, Lombok
Meski namanya familiar, tapi ini bukanlah pantai yang sama dengan yang ada di Pulau Bali. Pantai Kuta terletak di Desa Kuta, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pantai berpasir putih ini sepertinya akan segera menjadi ikon pariwisata Lombok. Hal ini terlihat dengan menjamurnya sarana pariwisata di sekitar pantai.

Daya tarik lain dari Pantai Kuta Lombok adalah Upacara Sasak yang digelar setahun sekali. Dalam upacara ini, para pelaut mencari cacing Nyale yang dipercaya merupakan rambut dari Putri Mandalika.

wisata lombok pantai senggigi

Pantai Senggigi
Pantai senggigi juga merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di Lombok. Pantai ini memiliki pasir putih, air yang jernih dan ombak yang cukup tenang. Banyak wisatawan yang melakukan snorkling di tepi pantai karena arus yang tenang, serta keindahan terumbu karang dan biota laut yang dimiliki Pantai Senggigi.

Pantai ini juga banyak menjadi tujuan wisatawan, dikarenakan sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Penginapan di sekitar pantai ini juga cukup beragam. Mulai dari yang ekonomis, hingga yang berbintang.

Danau Segara Anak
Pantai dan laut bukanlah satu - satunya tempat yang bisa anda kujungi di Lombok. Tempat wisata lain yang ada di daerah lombok adalah Danau Segara Anak.

wisata lombok danau segara anak

Danau Segara Anak terletak di kaldera Gunung Rinjani, kurang lebih 3775 meter dari permukaan laut. Meski demikian, tak sedikit dari wisatawan yang jauh - jauh ke tempat ini untuk menyaksikan keindahannya. Bahkan tak sedikit orang yang memancing di danau seluas 1.100 ha ini. Di tengah danau, terdapat sebuah kerucut gunung yang baru, yang bernama Gunung Baru Jari. 

sumber foto : Google Images