Home » , » Oleh-Oleh Khas Jogja Yang Enak dan Menarik

Oleh-Oleh Khas Jogja Yang Enak dan Menarik

Oleh-Oleh Khas - Jogja memang menawarkan beragam keindahan wisata, budaya dan juga kuliner. Rasanya waktu liburan akan cepat habis tanpa terasa ketika kita mengelilingi tempat wisata di Jogja. Namun sebelum pulang, sempatkan pula untuk membeli beberapa oleh-oleh khas Kota Pelajar ini. Tidak hanya makanan, mungkin pernak-pernik atau aksesoris yang mengingatkan anda pada keindahan Yogyakarta juga bisa dijadikan pilihan. Berikut ini beberapa oleh-oleh khas Jogja yang enak dan menarik untuk anda pilih.


Bakpia
Jika ada kerabat atau teman yang berwisata ke Yogyakarta, pasti seringkali dititipi untuk membawa bakpia pulang sebagai oleh-oleh. Bakpia memang sangat identik dengan salah satu tujuan wisata dan juga oleh-oleh di Jogja. Bakpia adalah kue yang dibuat dari tepung terigu dan diisi dengan kacang hijau, baru kemudian dipanggang. Di Jogja, anda dapat membeli bakpia dengan aneka ragam rasa, mulai rasa kacang hijau, coklat dan keju. Menariknya, anda dapat langsung membeli bakpia yang terkenal di Jogja dengan mengunjungi langsung tempat pembuatan dan pusat penjualannya. Caranya, cukup mudah, naik saja becak dari JL Malioboro dan minta diantarkan ke tempat dimana anda bisa membeli bakpia yang terbaik dan masih hangat!

Yangko
Jika anda mencari cemilan oleh-oleh khas Jogja selain bakpia, maka anda bisa mencoba untuk membeli yangko.Cemilan khas dari Yogyakarta ini terbuat dari tepung beras dengan warna-warni yang cerah. Teksturnya yang kenyal serta rasanya yang legit membuat Yangko sering disebut kue mochi dari Jogja. Cemilan ini bisa anda temui di berbagai sudut kota Jogja dan di sentra oleh-oleh. Namun jika anda ingin mencari yang cukup populer, cobalah kunjungi Yangko Pak Prapto di JL Pramuka No 82 Yogyakarta. Konon Yangko Pak Prapto ini sudah ada sejak tahun 1921 dan merupakan generasi pertama Yangko di Jogjakarta.


Kaos Dagadu
Siapa tak mengenal kaos plesetan lucu khas Jogja ini. Kaos yang memiliki logo sebuah mata ini memang sangat populer di kalangan wisatawan khas Jogjakarta. Bisa dibilang, Dagadu merupakan pelopor kaos khas yang dijadikan oleh-oleh dari salah satu daerah wisata saat itu. Saat ini, nama Dagadu banyak dicatut penjual kaos di pinggir jalan dengan kualitas yang kurang baik. Untuk mendapatkan kaos Dagadu yang asli, anda bisa berkunjung ke salah satu dari 3 gerai resmi kaos Dagadu, yaitu di Mal Malioboro, Amarukmo Plaza atau ke lokasi pabriknya di daerah Pakuningratan.

Kerajinan Perak Kotagede
Kerajinan perak Kotagede terletak sekitar 5 km dari pusat kota Jogja. Di sini anda dapat membeli berbagai macam hasil kerajinan yang terbuat dari perak dari pengrajinnya langsung. Kualitas perak hasil pengrajin di Kotagede sudah teruji kualitasnya dan diakui hingga ke mancanegara. Sebelum pulang, jangan lupa untuk membeli hasil kerajinan mereka yang dapat berupa aksesoris, perhiasan hingga hiasan dinding atau meja.

Batik Jogja
Batik sudah menjadi identitas tersendiri bagi masyarakat Yogyakarta. Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Jogja, menyempatkan untuk membeli batik sebagai buah tangan atau sekedar kenang-kenangan kunjungan mereka. Batik yang anda beli tidak harus dalam bentuk baju atau pakaian. Di pusat perbelanjaan, banyak batik dijual tidak hanya dalam bentuk baju, tapi ada juga dalam bentuk tas, sepatu hingga pernk-pernik dan hiasan. Untuk mencari banyak pilihan batik, anda dapat berkunjung ke Pasar Beringharjo yang terletak di jalan Malioboro Jogjakarta.


Cokelat Monggo
Nama cokelat monggo pasti sudah sering anda dengar. Wajar saja, saat ini Cokelat Monggo sudah banyak dijual di pusat-pusat perbelanjaan di kota-kota besar. Namun begitu, tetap saja Cokelat Monggo merupakan salah satu jajanan yang dihasilkan di Jogjakarta. Meski cokelat ini merupakan cokelat buatan lokal dengan nama yang sangat tradisional, namun kenyataannya pemilik usaha cokelat ini justru seorang dengan kebangsaan Belgia. Untuk dapat membeli dan melihat pembuatan cokelat ini di pabriknya, datang saja ke JL Dalem KG III/978, Kotagede, Yogyakarta. 

Itulah  beberapa oleh-oleh khas Jogja yang dapat anda bawa pulang, mulai dari makanan hingga pakaian dan aksesoris. Jika anda ke jogja, maka jangan lupa juga untuk mencoba tempat kuliner di Jogja.