Home » , » 7 Tempat Tujuan Wisata Batu, Malang Jawa Timur

7 Tempat Tujuan Wisata Batu, Malang Jawa Timur

Tempat Wisata - Malang adalah salah satu kota di Jawa Timur yang menjadi kota tujuan para wisatawan. Letaknya yang berada di daerah pegunungan menjadi daya tarik tersendiri karena memiliki udara yang cukup sejuk. Tak hanya di kota Malang, tempat tujuan wisata juga banyak terdapat di Kota Batu yang terletak tak jauh dari pusat Kota Malang. Berikut ini 7 tempat tujuan wisata Kota Batu Malang yang wajib anda kunjungi saat berkunjung ke Kota Apel tersebut.

harga tiket masuk jatim park
foto : travelblog.ticktab.com
Jawa Timur Park I
Tempat yang lebih dikenal dengan nama Jatim Park I ini adalah tujuan wisata yang cukup favorit untuk pengunjung dari Kota Malang ataupun dari luar kota. Jatim Park I adalah taman rekreasi dan edukasi bagi keluarga yang juga menawarkan puluhan wahana bermain. Waha permainan yang disediakan antara lain Gokart, Bioskop 3D, Spinning Coaster, Flying Tornado dan juga lainnya. Selain itu, disediakan pula kafetaria, musholla dan fasilitas pendukung lainnya.

Selain permainan wahana, terdapat pula kolam renang untuk anak-anak dan dewasa. Kolam tersebut juga tersedia permainan air yang dapat anda coba. Sedangkan untuk wahana edukasi, Jatim Park I menyediakan berbagai informasi dan peragaan science seperti fisika, kimia atau juga biologi.

Jatim Park I terletak di daerah Batu, sekitar 20 km dari pusat kota Malang. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 14.00 siang dengan harga tiket masuk Jatim Park I sebesar 55 ribu rupiah pada hari senin-kamis, dan untuk jumat-minggu harga tiketnya adalah 75 ribu rupiah.

Jawa Timur Park II
Terletak di Jalan Oro-oro Ombo, Batu, Jatim Park II menawarkan konsep yang berbeda dari Jatim Park I. Di sini anda dapat menikmati wisata alam dalam dua wahana yang berbeda, yaitu Batu Secret Zoo dan Museum Satwa.

Batu Secret Zoo adalah kebun binatang dengan konsep modern pertama dan satu-satunya untuk saat ini yang ada di Indonesia. Di tempat ini anda dapat menjelajahi area seperti tiger land, aquarium dan padang rumput sembari melihat satwa yang ada. Anda juga dapat menikmati arus sungai dengan perahu yang sudah disediakan.

Jika ingin melihat binatang dari seluruh penjuru dunia, maka anda dapat melihat di Museum Satwa. Di sini terdapat banyak jenis satwa yang sudah di awetkan, yang diletakkan dengan seting yang mirip dengan lokasi asalnya. Selain itu, terdapat pula replika dari kerangka dinosaurus yang menjadi salah satu favorit pengunjung.

Puas berkeliling, Jatim Park II juga menyediakan tempat menginap yang bernama Hotel Pohon Inn. Untuk harga tiket masuk Jatim Park II adalah 60 ribu pada haru kerja, sedangkan pada weekend dikenakan harga tiket 75 ribu rupiah.

Batu Night Spectacular
tempat wisata batu malang terbaru
foto : tripadvisor.com
Tempat yang lebih dikenal dengan nama BNS ini memang hanya buka pada sore hari pukul 15.00 hingga tengah malam. Di tempat ini anda dapat menikmati wahana-wahana yang beragam seperti Rumah Hantu, Gokart dan juga lampion garden. Selain itu, terdapat pula kafetaria dengan air mancur yang menjadi daya tarik bagi pengunjung. Pada waktu tertentu, air mancur tersebut akan menjadi wahana pertunjukan air terjun menari yang menjadi magnet pengunjung.

Museum Angkut
Jika anda tertarik dengan alat-alat transportasi, maka jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Museum Angkut. Di sini anda dapat melihat hampir semua jenis alat transportasi, mulai dari zaman dahulu seperti sepeda ontel dan mobil klasik, hingga alat transportasi modern seperti mobil listrik dan mobil balap formula 1.

Museum Angkut sendiri dibagi menjadi zona-zona yang menarik. Contohnya adalah zona gangster, broadway, batavia atau las vegas. Setiap zona ditampilkan mirip dengan lokasi aslinya. Pengunjung dapat bebas berfoto dengan latar yang mereka inginkan.

Untuk harga tiket masuk Museum Angkut Malang ini adalah 50 ribu rupiah pada hari kerja, dan 75 ribu pada Jumat-Minggu.

Air Terjun Coban Pelangi
Jika ingin menikmati wisata alam yang masih asri, maka berkunjunglah ke Coban Pelangi. Terletak di Kecamatan Tumpang, ada masih harus berjalan melewati hutan pinus untuk dapat mencapai lokasi ini. Di sini anda dapat menikmati keindahan air terjun setinggi 30 meter, bermain air atau sekedar duduk bersantai di pendopo menikmati sejuknya udara.

Pantai Balekambang
pantai balekambang malang jawa timur
foto : surabaya.panduanwisata.id
Pantai Balekambang adalah pantai yang memiliki Pura di atas pulau karang, seperti yang terdapat pada Tanah Lot, tempat wisata di Bali. Namun memang Pura di Pantai Balekambang yang dibangun tahun 1985 ini memang sengaja dibuat mengikui desain Pura Tanah Lot. Namun tak hanya Pura di atas karang saja, keindahan pasir pantai yang terbentang dengan ombak laut yang tidak terlalu besar menjadi daya tarik untuk pengunjung bermain air.

Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo
Sebelum pulang meninggalkan Kota Malang, jangan lupa terlebih dahulu membeli oleh-oleh sebagai buah tangan untuk rekan anda. Jika tidak ingin membeli oleh-oleh yang biasa, maka coba kunjungi Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo yang terletak di Jalan MT Haryono XI ini. Di tempat ini, anda dapat membeli berbagai macam keramik dalam berbagai bentuk seperti vas, mug, guci ataupun hiasan dinding.