Home » » Pantai Klayar, Pasir Putih dan Laut Lepas Di Pacitan

Pantai Klayar, Pasir Putih dan Laut Lepas Di Pacitan

sumber : anekatempatwisata.com
Pantai Klayar, atau sering juga disebut warga sekitar sebagai Klayaran mungkin masih kurang dikenal bagi wisatawan baik domestik maupun wisatawan asing. Wajar saja, Pantai Klayar memang belum bisa dibilang sebagai tempat wisata yang dikelola khusus untuk wisatawan. Pantai ini lebih dikenal dari berita antara para traveller melalui blog dan sosial media mereka. Tak hanya itu, di daerah Jawa Timur, keindahan Pantai Klayar juga menjadi spot favorit untuk para fotografer landscape.

Pantai Klayar terletak di sisi selatan Jawa Timur, tepatnya di desa Kalak, kecamatan Doonorojo, Kabupaten Pacitan. Jika dari Pacitan, pantai ini terletak sekitar 40km arah barat. Untuk dapat menuju lokasi ini, pengunjung harus menggunakan motor atau mobil pribadi. Perjalanan yang harus ditempuh juga cukup menantang, karena dipenuhi dengan jalan yang kurang baik serta tikungan tajam dan jalan yang naik turun melalui perbukitan. Lokasi pantai ini juga berbatasan dengan daerah Wonogiri di Jawa Tengah. Jika anda dari Jogjakarta, Pantai Klayar dapat ditempuh dengan perjalanan melalui rute Yogyakarta-Wonosari-Wonogiri-Pacitan. Perjalanan tersebut akan memakan waktu sekitar 3 jam dengan jarak tempuh setidaknya 100km.
sumber : anekatempatwisata.com
Meski perjalanan yang harus ditempuh cukup jauh, melelahkan dan menantang, namun itu semua akan terbayar begitu anda sampai di lokasi. Pantai Klayar menyajikan keindahan alam dengan perpaduan pasir putih, air yang jernih serta batuan karang besar yang menawan. Tak hanya itu, di pantai ini juga banyak fenomena alam yang jarang kita temukan di pantai-pantai lainnya. Sebut saja diantaranya air mancur alami yang keluar dari tengah batu karang, karang bolong, air terjun klayar atau seruling laut. Selain itu ada pula batu karang besar yang oleh penduduk sekitar disebut sebagai batu sphinx karena memang bentuknya yang mirip dengan Sphinx.

Pantai Klayar memang belum terkenal secara luas dan jarang dijadikan tujuan wisata seperti Pantai Kuta atau Parangtritis. Jadi tak heran jika pantai ini selalu terlihat sepi, apalagi jika anda berkunjung diluar waktu liburan. Pantai akan ramai pengunjung biasanya saat musim liburan, khususnya saat libur hari raya. Kebanyakan pengunjung yang datang diluar hari libur adalah backpackers atau fotografer. Jarang ada orang yang berwisata bersama keluarga ke pantai ini mengingat akses yang cukup sulit.
sumber : obyekwisataindonesia.com
Sulitnya akses ternyata tidak menjadi penghalang untuk backpackers menuju Pantai Klayar. Jika waktu dirasa kurang karena lamanya perjalanan, ternyata di sekitar Pantai Klayar sudah banyak penginapan atau homestay jika anda ingin menginap. Harga yang ditawarkan umumnya berkisar antara 100ribuan per-kamar. Ini tentu bisa menjadi solusi bagi yang ingin mengeksplorasi Pantai Klayar lebih lama.