Home » , , » Karimun Jawa, Surga Backpackers di Jawa Tengah

Karimun Jawa, Surga Backpackers di Jawa Tengah

Tujuan Wisata - Kepulauan Karimun Jawa merupakan gugusan dari 27 pulau yang terletak di sebelah utara Propinsi Jawa Tengah. Pulau Karimun Jawa merupakan pulau utama dari gugusan pulau yang menjadi tempat Taman Nasional Karimun Jawa ini. Kepulauan ini dapat dicapai dengan menggunakan kapal motor melalui pelabuhan yang terdapat di Kota Jepara, Jawa Tengah.

Keindahan laut dan biotanya merupakan daya tarik utama para wisatawan yang menjadikan Karimun Jawa sebagai tujuan berliburnya. Tempat ini merupakan surga bagi mereka yang ingin melakukan diving ataupun snorkling. Keindahan laut dengan air jernih biru kehijauan, serta beragam biota laut dapat anda temukan disini. Menurut data yang tersedia, terumbu karang di Karimun Jawa terdiri dari 51 Genus, lebih dari 90 karang keras dan mencapai 242 jenis ikan hias.

Selain keindahan biota laut untuk snorkling dan diving, Karimun Jawa juga menyajikan keindahan sunrise dan sunset yang dapat anda saksikan dari tengah lautan. Hal ini dikarenakan Karimun Jawa adalah kepulauan yang dikelilingi lautan. Atau anda juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling pulau - pulau kecil yang ada di gugusan Kepulauan tersebut.

Jika anda berlibur ke Karimun Jawa, jangan lupa untuk mengunjungi pulau Menjangan Besar. Pulau ini sangat beken di kalangan travelers karena menyuguhkan atraksi menarik. Di pulau ini, anda dapat berenang bersama dengan Ikan Hiu. Atraksi ini sangat memicu adrenalin, dan tentu saja akan menjadi kenangan tak terlupakan bagi anda yang mencobanya.

Transportasi Menuju Karimun Jawa

Untuk dapat menuju Pulau Karimun Jawa, anda hanya dapat melakuan perjalanan menggunakan kapal laut. Dari Semarang, anda dapat langsung menuju Jepara dengan menggunakan bis yang memakan waktu kurang lebih 2 hingga 3 jam perjalanan. Dari Pelabuhan di Kota Jepara anda dapat menggunakan kapal motor untuk mencapai Pulau Karimun Jawa. Namun perlu diperhatikan bahwa kapal motor yang menuju ke Karimun Jawa tidak berangkat setiap hari.

Akomodasi Di Karimun Jawa

Meski jauh dari daratan, fasilitas yang terdapat di Karimun Jawa cukup komplit. Untuk penginapan, anda dapat memilih beragam homestay yang tersedia. Kebanyakan berada di Pulau Karimun Jawa. Anda dapat memilihi yang sesuai dengan keinginan anda, dan tentu saja dengan kapasitas kantong anda.

Namun begitu, ada beberapa hal yang patut anda perhatikan jika anda ingin berlibur ke Karimun Jawa.
  • Seperti tempat wisata pantai pada umumnya, maka waktu terbaik untuk berkunjung ke Karimun Jawa adalah saat musim kemarau. Sekitar bulan April - Oktober. Apalagi jika mengingat anda akan melalui perjalanan laut, dan berlibur di kepulauan.
  • Jika tidak menggunakan paket wisata, maka anda harus memesan kamar penginapan dari jauh hari. Ini untuk mencegah agar jangan sampai anda kehabisan kamar yang anda inginkan.
  • Jika ada membawa sepeda motor, maka pastikan bahan bakar kendaraan anda dalam kondisi penuh sebelum menyeberang ke Pulau.
  • Untuk anda yang membawa gadget, dan sulit untuk lepas darinya, bawalah baterai cadangan atau powerbank. Listrik di Karimun Jawa hanya menyala 12 jam dalam satu hari.
  • Karena fasilitas yang terbilang cukup minim, pastikan anda membawa barang keperluan anda seperti sunblock, cream dan obat - obatan. Jangan lupa juga untuk membawa senter kecil, karena penerangan juga masih terbilang minim
  • Karimun Jawa didominasi wisata air, usahakan untuk membawa kamera yang tahan air untuk mengabadikan momen liburan anda. Hal ini juga sangat berguna ketika anda akan mengabadikan keindahan bawah laut Karimun Jawa.